Gempa Cianjur, Nadiem Apresiasi Guru yang Lindungi Siswa Saat Gempa

0
72

3. Persatuan dan kesatuan di masyarakat Perlu diketahui, masyarakat adalah kelompok orang yang hidup di sekitar kita. Masyarakat memiliki perbedaan yang lebih banyak. Jika masyarakat tidak memiliki kesadaran untuk saling menghormati maka akan menimbulkan perselisihan. Persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti: saat gotong royong saat ada musibah maka tetangga akan segera menolong Persatuan dan kesatuan juga tergambar dalam perbedaan agama, namun tetap bisa menjaga satu sama lain. 4. Persatuan dan kesatuan di negara Adapun persatuan dapat membuat Bangsa Indonesia menjadi kuat sehingga tidak mudah mendapat gangguan dari luar.

Berikut ini beberapa contoh sikap persatuan yang dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara: Memiliki rasa persatuan meski berbeda agama, suku dan budaya Saling menghormati dan menghargai antarwarga masyarakat Melestarikan budaya dari daerah lain Memiliki rasa toleransi antarwarga Menghargai dan mendukung pemimpin negara yang terpilih secara demokratis sesuai aturan yang berlaku.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim terus memberi perhatian dan dukungan terhadap www.dioceseinfo.org korban bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Nadiem mengatakan pihak Kemendikbudristek akan tetap berupaya menghadirkan berbagai dukungan untuk mempercepat pemulihan satuan pendidikan dan warga pendidikan dari dampak gempa. “Perbaikan bangunan sekolah akan segera dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujarnya saat menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Rabu (23/11/2022). Pada kesempatan yang sama, Nadiem mengapresiasi upaya guru-guru SMA Negeri 2 Cianjur yang mampu mengelola peserta didiknya dengan baik sehingga aman dari dampak gempa yang melanda Kabupaten Cianjur pada Senin (22/11/2022).